Selayang Pandang

Bismillahirrahmanirrahim...
     Allah SWT berfirman: "...Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman dan orang-orang yang berilmu diantaramu beberapa derajat" (QS.al-Mujadalah : 11).
Menurut Ibnu Abbas ra.: pada konteks ayat ini memberitahukan bahwa yang dimuliakan Allah adalah orang yang beriman dan berilmu, sebagaimana dalam hadits disebutkan: "Kelebihan orang yang berilmu dibanding dengan hamba-hamba yang lain sebagaimana lebihnya bulan purnama dibanding bintang-bintang yang lain".
Orang tua-tua kita dulu juga selalu mengatakan: "apa tanda melayu jati, menuntut ilmu tiada henti".

     Untuk menjadi orang yang beriman dan berilmu tidaklah mudah seperti membalikkan telapak tangan, perlu proses yang panjang dan berliku, perlu pengorbanan yang tidak sedikit, dan harus dimulai sejak usia dini. Disinilah perlunya pendidikan sejak usia dini. Memang rumah adalah madrasatul ula (sekolah pertama). Namun tidak semua orang tua mampu untuk mendidik, mengajar, menanamkan nilai-nilai Islam secara langsung kepada anak-anaknya. Sebagai solusi atau jalan keluar dalam mengatasi persoalan ini adalah dengan mengantarkan anak-anak mereka untuk di didik, di tunjuk ajar tentang nilai-nilai agama di sekolah-sekolah berbasis Islam, sekolah yang dimaksud tentunya madrasah.
     Kebutuhan untuk belajar dan menuntut ilmu di madrasah semakin hari semakin meningkat, hal ini terbukti dengan berbondong-bondong para orang tua mendaftarkan anak-anak mereka ke madrasah, termasuk di MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH AWWALIYAH (MDTA) NURUL HUDA - SAIL. Al-hamdulillah...ini patut untuk kita syukuri. Kita berharap dihari-hari mendatang semakin banyak para orang tua mengantarkan anak-anak mereka ke madrasah, sebagai cerminan iman dan pedulinya para orang tua terhadap pendidikan agama anak-anak mereka yang kelak akan selalu mendo'akan kedua orang tuanya. Sebagaimana Nabi SAW bersabda: "Apabila mati salah seorang anak Adam, maka terputuslah segala amalnya kecuali tiga perkara: shodaqoh jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak yang sholeh yang selalu mendo'akan kedua orang tuanya". Insya Allah...


Penulis : H.Muhammad Nasri

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...